Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Mudah dan Cepat Mencari Jurnal Sinta

Indonesia saat ini memang sedang menggalakkan publikasi ilmiah di tingkat Perguruan Tinggi. Kemenristek dan Kemendikbud bekerja sama untuk memberikan grade dan akreditasi jurnal-jurnal yang dikelola di Perguruan Tinggi. Lalu muncul istilah Sinta, Arjuna, dan lain-lain. Artikel ini hanya membahas tentang bagaimana mencari jurnal Sinta, maksudnya jurnal yang terakreditasi Sinta.

cara mencari jurnal sinta
qowim.net

Apa itu Sinta?

Sinta adala akronim dari Bahasa Inggris Science and Technology Index. Di laman about dituliskan bahwa Sinta memberikan akses ke kutipan dan keahlian di Indonesia. Sistem informasi penelitian berbasis web yang menawarkan akses cepat, mudah dan komprehensif untuk mengukur kinerja peneliti, institusi dan jurnal di Indonesia. Sinta memberikan benchmark dan analisis, identifikasi kekuatan penelitian masing-masing institusi untuk mengembangkan kemitraan kolaboratif, hingga menganalisis tren penelitian dan direktori pakar.

Pada saat artikel ini ditulis, sudah terdapat 6925 jurnal ilmiah yang terindeks di Sinta. Kalau yang belum terindeks, justru lebih banyak. Mungkin, hal itu yang menyebabkan banyak mahasiswa dan dosen mencari jurnal sinta untuk menerbitkan karya ilmiahnya di sana. 

Tingkatan Jurnal Sinta

Sinta memberikan penilaian akreditasi menjadi 6 tingkatan. Jadi Anda harus tahu tingkatan tersebut untuk mengetahui kualitas dari sebuah jurnal. Biasanya pada halaman beranda memberikan keterangan Sinta tersebut. 

Tingkatan sinta tersebut adalah 1 sd. 6. Semakin sedikit angkanya, makin baik pula kualitas jurnal tersebut. Beberapa jurnal mewajibkan para penulis untuk membayar jika ingin menerbitkan karya ilmiah yang sudah terakreditasi Sinta, beberapa jurnal lainnya tidak memungut biaya sama sekali. 

Hal ini tergantung kesepakatan pengelolaan jurnal ilmiah pada tingkatan dewan redaksi dan institusi. Oleh sebab itu, jika Anda mencari jurnal sinta, maka harus mengetahui terlebih dulu apakah jurnal tersebut berbayar atau malah gratis. 

Setelah mengetahui tentang Sinta dan sedikit seluk-beluknya, sekarang saatnya menuju hal inti yaitu bagaimana caranya mencari jurnal sinta secara mudah dan cepat.

Cara Mencari Jurnal Sinta

Cara mencari jurnal sinta sangatlah mudah dan sederhana. Anda hanya memerlukan waktu 2 menit saja untuk mengetahui status jurnal tersebut. 

  1. Kunjungi halaman Sinta Ristekdikti Kemendikbud https://sinta.kemdikbud.go.id
  2. Cari Menu Source di menu header situs tersebut.
  3. Klik Journals
  4. Silakan tuliskan Nama Jurnal yang ingin Anda ketahui statusnya di kolom pencarian
  5. Tekan Enter atau klik icon pencarian
  6. Selesai

Jika Nama jurnal yang anda cari muncul di sana, artinya sudah terakreditasi Sinta dan mengetahui status akreditasi tersebut antara sinta 1 hingga 6.

Selain cara seperti di atas, Anda juga bisa klik icon-icon S1 S2 hingga S6 yang artinya Sinta satu, Sinta dua hingga Sinta 6. Jika anda mengklik icon tersebut maka akan muncul jurnal-jurnal yang sudah terakreditasi Sinta sesuai dengan pencarian Anda. 

Lalu bagaimana kalau hasil pencarian tidak ditemukan di Sinta.kemendikbud? Misalnya seperti gambar berikut

Mencari Jurnal Sinta
gambar 2

Saya mencari jurnal yang saya kelola yaitu Musala: Jurnal Pesantren dan Kebudayaan Islam Nusantara namun ternyata tidak ditemukan. Hal ini karena Musala JPKIN belum terindeks atau belum terakreditasi di Sinta. Maklum saja karena belum genap 1 tahun. 

Sinta mewajibkan pengelola jurnal yang ingin mendaftarkan di Sinta minimal sudah terbit selama dua tahun berturut-turut. 

Penutup

Sekian tutorial cara mudah dan cepat mencari jurnal Sinta. Sangat mudah, bukan? Semoga bermanfaat dengan membaca tutorial "cara mudah dan cepat menjadi jurnal sinta" ini. 

Qowim Musthofa
Qowim Musthofa Dosen paruh waktu dengan anak satu. Suka menulis tentang apa saja, sesuai minat dan bidang yang sedang ditekuni. Surel [email protected]

Post a Comment for "Cara Mudah dan Cepat Mencari Jurnal Sinta"