Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Editor Jurnal Melakukan Pemeriksaan Artikel di OJS

Sebagai pengelola jurnal, sebaiknya kita mengetahui peran-peran yang ada di setiap proses penerbitan. Langkah pertama ketika ada artikel yang masuk adalah memeriksa artikel tersebut dengan teliti. Beberapa orang mungkin masih asing dan agak bingung bagaimana cara melakukan pemeriksaan artikel di OJS. Oleh sebab itu, saya akan memberikan tutorial ringkas tentang cara editor jurnal melakukan pemeriksaan artikel. 

redaksi ojs
qowim.net

Sebelum itu, saya sudah menuliskan tentang peran-peran penting di dalam OJS, silakan klik artikel berjudul Pembagian Peran di dalam OJS.

Cara Editor Melakukan Pemeriksaan Artikel

  1. Login/masuk sebagai dewan redaksi.
  2. Lihat di Submission lalu di My Queue
    redaksi ojs
    gambar 1
    Keterangan
    My Queue adalah tugas yang sudah diberikan oleh redaksi kepada kita.
    Archieve adalah artikel yagn sudah diterbitkan sedangkan All active merupakan artikel yang masih dalam proses untuk diterbitkan atau masih dalam tahap pertimbangan redaksi.
  3. Klik artikel yang ada di My Queue lalu unduh terlebih dahulu file yang sudah diunggah oleh penulis.
    tugas redaksi di jurnal
    gambar 2
    Keterangan
    Perhatikan tanda yang sudah saya beri nomor. 1Unduh berkas yang sudah diunggah oleh penulis2add dicussion adalah tempat untuk berdiskusi antara redaksi dengan penulis3Upload adalah tempat redaksi mengunggah tulisan revisi (jika ada) yang bertujuan agar penulis mengetahui file mana yang harus diunduh
  4. Lakukan review atas artikel yang sudah diterima. Biasanya tahap ini redaksi memeriksa tentang kesesuaian tema artikel dengan ruang lingkup jurnal yang dikelola (aim and scope)
    Catatan
    Biasanya pemeriksaan tahap awal terkait hal-hal berikut ini:
    - Kesesuaian tema, JPKIN bisa dicek di laman ini.
    - Metode Sitasi, JPKIN bisa dilihat di panduan penulis.
    - Kesesuaian template, JPKIN bisa cek di laman ini.
  5. Berikan catatan di dalam berkas artikel yang sudah diperiksa. Namun, jika sudah sesuai semuanya tidak perlu melakukan tahap ini, melainkan langsung tahap selanjutnya pengiriman kepada mitra bestari (reviewer).
  6. Selesai tugas sebagai dewan redaksi. Selanjutnya adalah pengiriman kepada reviewer agar artikel tersebut bisa diperiksa oleh reviewer. 

Penutup

Begitulah caranya bagi editor jurnal melakukan pemeriksaan artikel di OJS. Sebenarnya sangat mudah, bukan? Semoga bermanfaat, ya.

Qowim Musthofa
Qowim Musthofa Dosen paruh waktu dengan anak satu. Suka menulis tentang apa saja, sesuai minat dan bidang yang sedang ditekuni. Surel [email protected]

Post a Comment for "Cara Editor Jurnal Melakukan Pemeriksaan Artikel di OJS"