Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

ads.header2

Cara Daftar ISSN Jurnal Ilmiah secara Online di LIPI

Mendapatkan nomor ISSN online adalah hal yang wajib untuk publikasi ilmiah, sebab ISSN merupakan kunci yang paling penting di dalam melanjutkan aktivitas pengelolaan jurnal sekaligus publikasinya. Oleb sebab itu saya akan memberikan tutorial tentang cara daftar ISSN secara online di situs LIPI.

pendaftaran issn online jurnal
daftar ISSN - qowim.net

Namun, sebelumnya penting untuk diketahui juga tentang apa itu ISSN dan seluk beluknya. Mengapa tiap publikasi itu butuh ISSN. 

Apa itu ISSN?

International Standard Serial Number (ISSN) adalah  nomor unik yang digunakan untuk mengidentifikasi publikasi berkala, baik yang cetak maupun elektronik. 

ISSN disediakan oleh International Serial Data System (ISDS), yang bertempat di Paris, Prancis. Delegasi ISDS Hibah ISSN lokal dan nasional. Pusat regional Asia terletak di Bangkok, Thailand, Perpustakaan Nasional Thailand. Sedangkan, untuk Indonesia, tugas pemantauan terbitan berkala  dan penyediaan ISSN adalah PDII-LIPI Jakarta.

Dari pengertian sederhana di atas, mudah sekali untuk menyimpulkan bahwa fungsi ISSN adalah untuk mengidentifikasi publikasi ilmiah berkala, baik secara elektronik maupun cetak.

Tentang LIPI Hari Ini

LIPI hari ini dengan LIPI dulu sangat berbeda. Hal ini saya alami sendiri ketika melakukan pendaftaran untuk mengajukan ISSN jurnal Musala yang saya kelola. Berikut adalah pengalaman saya setelah melakukan pendaftaran ISSN online tersebut;

Pertama, GRATIS. Proses pengajuan hingga penerbitan SK ISSN tidak dipungut biayar sepeserpun. Katanya, dulu ketika daftar ISSN harus transfer dan bayar 250.000. Mulai tahun berapa digratiskan saya kurang tahu, namun yang jelas di tahun 2021 sudah tidak ada pungutan lagi. 

Kedua, CEPAT. Tidak dipungkiri, proses pelayanan dan penerbitan SK ISSN sangat cepat. Pengalaman saya hanya membutuhkan waktu 3 hari saja untuk menerbitkan SK tersebut. Jika syarat-syaratnya terpenuhi dan sudah disertakan dengan benar. 

Ketiga, Admin yang Responsif. Pelayanan pengajuan ISSN dipandu dengan sabar oleh admin dan sangat responsif. Pengalaman saya admin selalu membalas dengan baik dan memahamkan saya. Hanya di jam kerja saja pukul 8.00 - 16.00 WIB. 

Ketiga hal tersebut saya alami sendiri ketika melakukan pengajuan pendaftaran ISSN online sebanyak 3 kali, karena saya kebetulan di kampus dimintai tolong untuk mendaftarkan ISSN jurnal-jurnal tersebut yang semuanya berbasis OJS

Oke sekarang langsung saja, bagaimana cara daftar ISSN online di LIPI?

Cara Daftar E ISSN Online di LIPI

Pastikan anda telah melakukan pendaftaran di ISSN-LIPI. Pendaftaran ini berguna untuk mengindentifikasi siapa yang bertanggung jawab atas pengajuan ISSN tersebut. Ketika pendaftaran gunakan nama asli dan email aktif. 

Berkas yang perlu dipersiapkan sebelum mengajukan P-ISSN (cetak) dan/atau E-ISSN (online):

  1. Surat permohonan dari penanggung jawab terbitan berkala (berkop surat, ditandatangani, dan berstempel basah. Minimal ditandatangani oleh eselon 3 ke atas)
  2. Kulit muka (cover) terbitan berkala yang akan dan atau telah diterbitkan
  3. Susunan dewan redaksi
  4. Daftar isi terbitan (mencakup judul dan atau sub judul terbitan)

Jika keempat syarat tersebut sudah terpenuhi dan siap, kunjungi laman https://issn.lipi.go.id dan lakukan pendaftaran terlebih dahulu. 

Jika sudah mendaftarkan diri maka tampilan akan seperti gambar di bawah ini

cara daftar ISSN Online
cara daftar ISSN online LIPI

Silakan klik tambah dan ikuti panduan selanjutnya. 

Panduan Pendaftaran ISSN Online LIPI 

Di bawah ini adalah dokumen resmi dari LIPI terkait pendaftaran ISSN online. 

Penutup

Demikianlah tutorial tentang mendaftarkan ISSN online untuk jurnal Ilmiah. Sekian dulu untuk cara daftar ISSN jurnal ilmiah online di LIPI. Semoga bermanfaat. Jika ada yang ditanyakan silakan tuliskan di kolom komentar. 

Qowim Musthofa
Qowim Musthofa Dosen IIQ An-Nur Yogyakarta Fakultas Ushuluddin Prodi Ilmu Hadis

Post a Comment for "Cara Daftar ISSN Jurnal Ilmiah secara Online di LIPI"