Pembagian Pembahasan yang Terdapat di Kitab Ihya Ulumuddin

Hari ini ngaji ke 5. Bertepatan pada hari Minggu, 19 November 2019. Setiap pertemuan hanya membaca satu atau dua paragraf saja. Hingga, kata temen saya "Wah, rausah ngejar khatam, pokoke ngaji ae"

Tidak usah ngejar ingin khatam, yang penting ngaji aja. Bayangkan saja, Ihya itu 4 jilid, setiap jilid tebalnya seperti roti tawar ditumpuk 5 Hahaha


Rekamannya silahkan klik video youtube di atas. Versi lengkapnya. Secara garis besar, pada pertemuan ngaji ini, menjelaskan tentang pembagian pembahasan yang ada di kitab Ihya, khususnya di jilid 3 dan 4.

Pada jilid tiga, atau rubu'ul muhlikat. Imam Ghazali ingin menjelaskan tentang persoalan-persoalan yang dapat menghancurkan jiwa kita, yakni dosa-dosa yang bisa menjerumuskan dan melalaikan. Sekaligus diberikan solusi-solusi bagaimana cara mengatasi dosa-dosa tersebut.

Sedangkan, pada jilid ke empat pembahasan lebih fokus pada hal-hal yang bisa menyelematkan kehidupan kita baik dari sisi agama maupun sosial. Misalnya, terdapat pembahasan tentang hidup zuhud, bersyukur, tawakkal hingga rela dengan ketetapan Allah.

Dari semua penjelasan tersebut, kita seperti membaca manual book tentang hidup bahagia bersama Imam Ghazali.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pembagian Pembahasan yang Terdapat di Kitab Ihya Ulumuddin"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Dapatkan pemberitahuan artikel terbaru dari qowim.net secara gratis! Masukkan emailmu.