Ads #1

Kumpulan Shortcut untuk Memepercepat Pekerjaan Mengetik di Microsoft Word

Tulisan ini adalah kumpulan shortcut atau bisa disebut pintasan keyboard di microsoft word yang bisa memudahkan pekerjaan mengetik. Hal ini bisa memangkas waktu dan mempercepat pekerjaan mengetik kita. Shortcut sudah dialihbahasakan dalam bahasa Indonesia menjadi pintasan keyboard.

Kumpulan shortcut microsoft word
qowim.net

Shortcut di Microsoft word

Microsoft word memang sebuah aplikasi yang paling sering dan banyak digunakan dalam praktik pekerjaan menulis dan mengetik. Sebab dalam sejarah microsoft word memang memiliki perkembangan yang signifikan.

Kumpulan Shortcut Microsoft word

Shortcut atau pintasan keyboard di microsoft word memang sangat penting dalam pekerjaan sehari-hari bagi yang memang pekerjaannya tak jauh-jauh dari mengetik. 

Membuka dokumen baru

Pintasan keyboard ini sangat berguna jika di tengah-tengah menulis kita ingin membuka dokumen baru dengan cara menekan tombol  Ctrl + N fitur ini sangat berharga dan memudahkan kita.

Membuka dokumen yang sudah ada.

Jika anda ingin membuka dokumen yang sudah pernah anda simpan, bisa menggunakan fitu shortcut ini Ctrl + O cara ini sangat berguna. 

Menyimpan dokumen saat ini.

Ctrl + S: 

Mencetak dokumen.

Ctrl + P: 

Menyalin teks yang dipilih.

Ctrl + C

Memotong teks yang dipilih.

Ini adalah shortcut keyboard untuk memotong teks microsoft word dengan cara menekan kombinasi tombol Ctrl + X cara ini sangat mudah, tapi jangan lupa blok terlebih dahulu teks yang ingin dipotong.

Menempelkan teks yang telah disalin atau dipotong.

Ctrl + V: 

Membatalkan tindakan terakhir.

Ctrl + Z: 

Mengulangi tindakan yang dibatalkan.

Ctrl + Y: 

Membuka kotak dialog "Cari" untuk mencari teks dalam dokumen.

Ctrl + F shortcut microsoft word ini sangat bermanfaat sekali lo. Coba saja, kalau sedang bingung mencari kata di dokumen kita. Tak perlu scroll cukup dengan shortcut microsoft word tersebut saja sudah lumayan membantu.

Membuka kotak dialog "Ganti" untuk mengganti teks dalam dokumen.

Jika anda salah menulis istilah yang ditulis berkali-kali di dalam lembar word, fitur ini sangat berguna. Silakan tekan Ctrl + H untuk mengganti kata yang salah namun diulang-ulang tersebut. Kalau kita mengganti satu persatu akan memakan waktu yang banyak dan kurang efisien. Lebih baik pakai shortcut ini.

Menebalkan teks yang dipilih.

Menebalkan teks atau disebut bold bisa menekan tombol Ctrl + B. Tombol tersebut bisa membuat teks tebal. Biasanya digunakan untuk menuliskan judul atau subjudul. Jangan lupa pilih tulisannya terlebih dulu dengan menekan tombol shift + left.

Memiringkan teks yang dipilih (italik).

Jika anda ingin memiringkan teks silakan tekan tombol Ctrl + I biasanya ini digunakan untuk menulis bahasa asing. Maksudnya kalau menulis dalam Bahasa Indonesia, ketika ada istilah asing maka menggunakan teks miring. Jika menulisa dalam Bahasa Inggris, ketika ada bahasa asing menggunakan teks miring tersebut.

Menggarisbawahi teks yang dipilih.

Menggarisbahwai teks yang diketik dengan cara menekan tombool Ctrl + U jangan lupa tulisannya diblok terlebih dulu. 

Memilih seluruh teks dalam dokumen.

Ctrl + A: 

Memindahkan kursor ke awal kata sebelumnya.

Ctrl + Left Arrow: 

Memindahkan kursor ke awal kata berikutnya.

Ctrl + Right Arrow: 

Memindahkan kursor ke awal dokumen.

Ctrl + Home: 

Memindahkan kursor ke akhir dokumen.

Ctrl + End: 

Membuat hyperlink pada teks yang dipilih.

Ctrl + K: 

Mengatur jarak baris menjadi satu spasi (single spacing).

Ctrl + 1: 

Mengatur jarak baris menjadi dua spasi (double spacing).

Ctrl + 2: 

Mengatur jarak baris menjadi 1,5 spasi (1.5 spacing).

Ctrl + 5: 

Memperbesar font.

Ctrl + ]: 

Memperkecil font.

Font anda terlalu besar di antara tulisan yang lain di dalam dokumen lalu anda ingin mengecilkannya, alih-alih mencari di menu, coba saja pintasan ini akan lebih cepat tekan tombol Ctrl + [ Tentu hal ini sangat bermanfaat.

Membuka tampilan cetak dokumen.

Kalau anda ingin melihat pratinjau sebelum dokumen dicetak, silakan gunakan keyboard menekan Ctrl + F2 agar sebelum dicetak/diprint bisa dipastikan tata letaknya. 

Menutup jendela dokumen aktif.

Tutup dokumen aktif dengan menekan tombol Ctrl + F4 dokumen anda akan secara otomatis ditutup. Jangan lupa klik simpan dulu jika anda ingin menyimpannya.

Menaikkan ukuran huruf teks yang dipilih.

Ctrl + Shift + >: 

Menurunkan ukuran huruf teks yang dipilih.

Ctrl + Shift + <: 

Memasukkan perintah manual (untuk memisahkan halaman atau kolom).

Memisahkan kolom atau halaman, anda bisa menekan tombol Ctrl + Enter 

Penutup

Memang sengaja tidak diberi nomor ya, biar nanti bisa diupdate jika ada shortcut yang memang sering dipakai dalam aplikasi microsoft word. Semoga kumpulan shortcut microsoft word ini bisa membantu dalam mempermudah dan mempercepat pekerjaan kita. 

Ini adalah sebagian kecil dari shortcut yang tersedia di Microsoft Word. Shortcut ini dapat sangat berguna untuk meningkatkan produktivitas Anda saat bekerja dengan dokumen. Anda juga dapat mencari shortcut khusus lainnya yang sesuai dengan kebutuhan Anda di dalam program Word atau dengan menggunakan panduan yang disediakan oleh Microsoft.

Qowim Musthofa
Qowim Musthofa Blogger yang tinggal di Bantul. Mengajar di Institut Ilmu al-Qur'an (IIQ) An-Nur Yogyakarta. Terima kasih telah berkunjung. Korespondensi melalui surel: [email protected]

Post a Comment for "Kumpulan Shortcut untuk Memepercepat Pekerjaan Mengetik di Microsoft Word"