Shalat Gaya Bebas ala Abu Dzar Al Ghifari

Di sebuah rutinan Ngaji Gus Baha kitab Nashaihul Ibad, Gus Baha bercerita tentang salat gaya bebas yang dilakukan oleh sahabat, menurutnya riwayat tersebut adalah cerita Abu Dzar al Ghifari ada yang mengatakan adalah Abdurrahman bin Auf.

Pada waktu sebelum salat Zuhur, Abu Zar melakukan salat qabliyah (entah ini salat qabliyah atau bakdiyah ya). Tindakan sahabat diamati oleh sekelompok Tabi'in, sebab sahabatlah yang paling dekat dengan Nabi karenanya segala tindakannya bisa dijadikan sebagai landasan hukum.

Abu Dzar melakukan salat yang tidak ada polanya, terkadang 4 rakaat salam, kadang 7 rakaat salam, kadang dua rakaat salam. Intinya rakaatnya tidak tentu.

Salah seorang tabiin yang melihatnya merasa ragu, dan ingin bertanya itu salat model apa kok rakaatnya tidak tentu.

Setelah Abu Dzar selesai kemudian dihampiri oleh tabiin.

"Wahai Abu Dzar, Njenengan tadi salat berapa rakaat?"

"Hmm. Tidak tahu." Jawab Abu Dzar.

"Lah kok. Serius tidak tahu jumlah rakaatnya? Lalu itu salat apa?"

"Iya saya tidak tahu, dan itu salat sunnah saja, pokoknya saya salat aja, meskipun saya tidak tahu jumlah rakaatnya, kan Allah maha tahu. Salatku untuk Allah, ngapain saya susah-susah menghitungnya?"

Tabiin diam seribu bahasa, dan menyimpulkan o ternyata salat sunnah gaya bebas itu diperbolehkan.

Gus Baha mengaku cerita tersebut dijelaskan di kitab Hasyiyah al-Bajuri semacam syarahnya Fathul Qarib karya ibnu Qasim Al Ghazi.

Memang sih, salat sunnah itu tidak ada batasan-batasannya, kapan pun dan di manapun, bahkan bisa dilakukan tidak hanya dengan berdiri, dengan duduk, berbaring pun bisa. Saya ingat pesan guru saya ketika ngaji, kalau sedang nganggur bingung gitu mbok ya salat saja. Salat sunnah.

Saya jadi berpikir, wah kayaknya asyik ini dipraktikkan, ketika nunggu antrean di bank, di stasiun, di bandara, bahkan di kantor bingun mau ngapain, ah salat aja laaaah...

Hahaha. Kalau begitu terus saya kira akan jadi wali deh. Iya wali...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Shalat Gaya Bebas ala Abu Dzar Al Ghifari"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Dapatkan pemberitahuan artikel terbaru dari qowim.net secara gratis! Masukkan emailmu.